Analisis Sistem Informasi pada website amazon.com

17.09 Puput Larasati S. 0 Comments

Analisis Sistem Informasi pada website amazon.com

(Puput Larasati Sutopo / 1634010070)

Aplikasi Sistem Informasi amazon.com

            Amazon.com adalah perusahaan perdagangan multinasional yang berbasis elektronik dan menjadi toko online terbesar di dunia yang menyediakan berbagai jenis produk, mulai dari buku, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, games, gadget, dan lain-lain. Toko online ini didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan berpusat di Seattle, Washington, Amerika serikat. Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995. Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah satu sungai terbesar di dunia, yang juga diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Pada awalnya amazon hanya menjual buku saja, namun seiring dengan berjalannya waktu Amazon.com merambah penjualan beragam produk lainnya mulai dari cd music, pakaian serta penggunaan teknologi berbasis layanan komputasi awan (cloud computing). Komputasi awan adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait TI disajikan sebagai suatu layanan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (cloud computing) tanpa perlu mengetahui apa yang ada didalamnya, memiliki keahlian tinggi, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi di belakangnya. Amazon.com juga dinilai berhasil dalam membentuk pangsa pasar e-book reader dan e-book dengan diluncurkannya Kindle, e-book reader yang laris di pasaran.
Selain berfokus kepada produk, amazon.com juga berfokus kepada layanan pelanggan. Situs Amazon.com dan aplikasi Amazon Shopping pada android yang “user friendly” dan kaya fitur (review produk, saran produk terkait) menjadi toko tempat belanja yang unik. Dari segi tampilannya, amazon.com lebih terlihat mewah dan space yang lebar dengan kesan luas. Ketika kali pertama masuk, kesan pertama yang mungkin timbul dari para pengguna situs ini menyenangkan untuk berbelanja secara online, sehingga para pengguna biasanya betah untuk browsing di amazon.com. Produk yang ditampilkan sudah  digolongkan sesuai dengan kategori yang disediakan oleh amazon.com. Dan yang menjadi keunggulan di sini adalah tampilannya yang selalu baru atau update terus menerus. Keunggulan lain situs ini adalah pada gambar bukan tulisan. Tiap produk yang ditawarkan diwakili dengan tampilan foto produk itu sendiri. Sehingga, para user yang ingin membeli produk, khususnya produk-produk baru, tidak perlu berandai-andai seperti apa bentuk atau warna dari produk baru itu.

Tujuan dan Sasaran Aplikasi

            Amazon.com dan aplikasi Amazon Shopping pada android adalah alat penjualan utama dari amazon.com,Inc. Situs dan aplikasi tersebut digunakan untuk memasarkan produk yang dijual oleh amazon.com,Inc, bertransaksi dengan para penggunanya.
            Sasaran dari amazon.com adalah pengguna pengguna yang memiliki waktu yang sedikit untuk melakukan transaksi belanja secara langsung, sehingga pengguna yang tidak memiliki waktu tetapi menginginkan sebuah produk bisa mendapatkannya dengan cepat.

Cara kerja Aplikasi
     
            Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa situs amazon.com dan aplikasi amazon shopping memiliki tampilan yang “user friendly” sehingga pengguna bahkan yang baru pertama kali menggunakan bisa menggunakan dengan mudah tanpa adanya kesulitan. Dengan banyaknya barang yang dijual, jika pengguna merasa kesusahan menemukan produk yang dicari, pengguna bisa mencari barang dengan menggunakan fitur pencarian atau bisa juga melihat barang berdasarkan kategori yang ada. Jika pengguna ingin melakukan pembelian, pengguna diharuskan untuk memiliki akun di amazon.com.
Harga yang ditawarkan oleh amazon.com juga banyak yang lebih murah dan sering terdapat diskon dibandingkan dengan toko online lain .


Sistem yang ditawarkan oleh amazon.com saat ini adalah amazon.com akan memasang iklan sebuah produk, kemudian jika ada yang tertarik, maka pihak amazon akan menerima kiriman produk tersebut dari produsen dan akan diteruskan ke pihak pemesan.
            Kecepatan akses situs amazon.com juga cepat sehingga menambah nilai di mata pengguna karena kecepatan akses adalah hal penting dalam penjualan melalui website. jika kecepatannya lambat, pengguna akan malas untuk membukanya. Peningkatan kualitas kecepatan akses dilakukan oleh amazon.com dengan cara mereduksi dan mengelola bagian-bagian website yang dianggap kurang relevan.

Manfaat Aplikasi

            Manfaat dari adanya situs amazon.com dan aplikasi Amazon Shopping adalah untuk memudahkan pengguna melihat lihat barang yang dijual oleh perusahaan amazon.com,Inc, membandingkan harga yang ada dan membelinya dengan mudah dimana saja dan kapan saja selama 24 jam perhari dan 7 hari perminggu tanpa perlu keluar rumah. Dengan adanya diskon dan harga yang lebih murah dan pengiriman gratis dari amazon.com juga bisa membuat pengguna menghemat uang. Pengguna juga bisa melakukan kerjasama affiliate dengan amazon.com sehingga pengguna bisa membuat toko online yang berafiliasi dengan amazon dan bisa membuka toko online internasional tanpa harus memikirkan stok produk, packing, dll.

Kekuatan Dan Kelemahan Aplikasi

-Kekuatan Aplikasi

1. Tampilan yang user friendly dan update
Tampilan yang user friendly dan selalu update membuat pengguna lebih mudah dan betah berlama lama membuka situs dan aplikasi amazon.com

2. kecepatan akses website yang cepat
Kecepatan akses website yang cepat akan membuat pengguna senang dan mau membuka situs dan aplikasi amazon.com berkali kali
3. Banyaknya fitur yang memudahkan pengguna
Di amazon.com banyak sekali fitur yang memudahkan pengguna antara lain :


Display Produk
Pada deskripsi produk, terdapat display produk dengan gambar produk itu,tidak hanya keterangan saja sehingga pengguna tidak perlu mengira ngira seperti apa bentuk produk yang di deskripsikan. Dalam buku, juga terdapat look inside, sehingga kita bisa melihat seperti apa bagian dalam dari buku tersebut.
   

Fitur review
Fitur review membantu pengguna untuk mengetahui bagaimana buku tersebut menurut pandangan orang orang yang telah membeli dan membacanya sehingga membantu pengguna dalam memutuskan untuk membeli sebuah buku.
Fitur pencarian
Fitur pencarian memudahkan pengguna untuk mencari buku yang diperlukan tanpa perlu membuka kategori secara manual satu persatu.
Mengkategorikan produk
Mengkategorikan produk membantu pengguna mengetahui produk produk yang berkategori sama.
Tawaran membeli produk yang relevan
Tawaran membeli produk yang relevan membuat pengguna mengerti produk yang mirip dengan produk yang dicarinya.
4. Produk yang dijual sangat beragam
Dengan banyaknya produk yang di jual memungkinkan pengguna untuk membeli banyak barang sekaligus dalam satu kali pembelian sehingga tidak perlu berkali kali membayar ongkos kirim (bila ada) dan memudahkan dalam pengiriman.
5. Adanya email konfirmasi order
Dengan adanya email konfirmasi order membuat pengguna tidak khawatir karena proses order terjaga kepercayaannya.
6. Efisiensi Waktu dan Biaya
Dengan belanja melalui situs dan aplikasi maka akan menghemat waktu dan biaya yang pengguna perlukan untuk mencari barang yang belum pasti tersedia.
7. Harga Produk yang lebih murah
Belanja secara online biasanya akan mendapatkan produk dengan diskon dan harga yang lebih murah
8. Adanya kerjasama Affiliate
Kerja sama affiliate dari amazon.com membantu pengguna untuk mendapakan uang tambahan dari komisi yang diberikan ketika berhasil menjualkan suatu produk.


- Kelemahan Aplikasi

1. tidak bisa menawar harga
Kelemahan dari belanja online di amazon.com adalah harga yang tercantum di layar sudah tetap dan tidak bisa berubah kecuali sewaktu waktu terdapat diskon
2. Kurang terintegrasi dengan situs internasional lainnya
Ketika membeli barang di amazon.com, pengguna tidak mendapat petunjuk bahwa pengguna membeli barang di situs internasional amazon lainnya.

Kesimpulan

Amazon.com adalah perusahaan perdagangan multinasional berbasis elektronik yang didirikan oleh  Jeff Bezos pada tahun 1995 dan berawal dari sebuah toko buku online lalu kemudian menjadi toko online terbesar di dunia yang menyediakan berbagai jenis produk, mulai dari buku, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, games, gadget, dan lain-lain. Situs dan aplikasi ini memiliki cara kerja yang mudah dan manfaat yang tidak sedikit untuk banyak pengguna. Sebagai salah satu situs raksasa dunia, situs ini memiliki banyak sekali kelebihan, tetapi karena situs ini adalah ciptaan manusia jadi situs ini juga memiliki beberapa kekurangan kecil yang masih bisa ditoleransi. Situs amazon.com dan aplikasi Amazon Shopping banyak membantu pengguna di seluruh dunia untuk mendapatkan produk dengan mudah dimana saja dan kapan saja selama 24 jam perhari dan 7 hari perminggu tanpa perlu keluar rumah dengan barang yang belum tentu ada. Jadi, amazon.com sangat membantu orang orang yang memilki sedikit waktu untuk belanja.



0 komentar: